Kamis, 29 Maret 2012

Contoh Tugas Akuntansi Keuangan : Kas dan Piutang

BAGIAN 1

KAS

A.      Pengertian kas
           
            Kas adalah aktiva yang paling likuid, merupakan media pertukaran standard an dasar pengukuran serta akuntansi untuk semua pos-pos lainnya. Kas diklasifikasikan sebagai aktiva lancar. Kas terdiri dari uang logam, uang kertas, dana yang tersedia pada deposito di bank dan instrumen yang dapat dinegoisasikan seperti pos wesel, cek yang disahkan, cek kasir, cek pribadi, dan wesel bank.

B. Manajemen dan Pengendalian Kas

      Masalah akuntansi yang dihadapi manajemen dalam transaksi kas :
1.      Pengendalian yang tepat harus ditetapkan untuk menjamin bahwa tidak ada transaksi yang tidak diotorisasi dicatat oleh pejabat atau karyawan.
2.      Menyediakan informasi yang diperlukan untuk mengelola kas yang ada di tangan dan transaksi kas dengan tepat.
Untuk melindungi kas dan menjamin keakuratan catatan akuntansi untuk kas, dibutuhkan pengendalian internal yang efektif atas kas.

C. Pelaporan Kas
     
1.      Kas yang dibatasi atau restriktif
      Kas kecil, penggajian, dan dana dividen adalah contoh kas yang disisihkan untuk tujuan tertentu. Jika jumlahnya material maka kas yang dibatasi dipisahkan dari kas reguler untuk tujuan pelaporan. Kas yang dibatasi diklasifikasikan dalam kelompok aktiva lancar atau aktiva jangka panjang tergantung pada ketersediaan    atau pengeluaran.

2.      Overdraft bank
      Terjadi apabila suatu cek ditulis dalam jumlah yang melebihi rekening kas. Dilaporkan dalam kelompok kewajiban lancar dan biasanya ditambahkan kedalam jumlah yang dilaporkan sebagai utang usaha. Jika material maka pos ini harus diungkapakn secara terpisah pada bagian depan neraca atau dalam catatan yang berhubungan.

  1. Ekuivalen kas
Merupakan investasi jangka pendek yang sangat likuid, yang segera bisa dikonversi menjadi sejumlah kas yang diketahui, dan begitu dekat dengan jatuh temponyasehingga resiko perubahan suku bunga tidak signifikan.
Contoh : Treasury Bill, kertas komersial, dan dana pasar uang.

Bersambung... (donwload lengkap)

ads

Ditulis Oleh : bangajik Hari: 08.10 Kategori:

2 komentar: