Kamis, 29 Maret 2012

Contoh Tugas Akuntansi Keuangan : Penyusutan, Penurunan, dan Deplesi

PENYUSUTAN, PENURUNAN DAN DEPLESI

A. Penyusutan – Metode Alokasi Biaya

Penyusutan (depreciation) didefinisikan sebagai proses akuntansi dalam mengalokasikan biaya aktiva berwujud ke beban dengan cara yang sistematis dan rasional selama periode yang diharapkan mendapat manfaat dari penggunaan aktiva tersebut.

Istilah penyusutan sering digunakan untuk menunjukkan bahwa aktiva tetap berwujud telah menurun nilainya. Apabila sumber daya alam yang terlibat (seperti kayu, minyak, batu bara) maka istilah yang digunakan adalah deplesi (depletion). Ketika aktiva tidak berwujud seperti paten atau goodwill telah habis masa berlakunya, hal tersebut disebut amortisasi (amortization)

1.     Faktor-faktor yang Terlibat Dalam Proses Penyusutan

a.      Dasar Penyusutan Aktiva
      Dasar yang ditetapkan untuk penyusutan merupakan fungsi dari dua faktor yaitu biaya awal dan nilai sisa atau pelepasan. Nilai sisa adalah estimasi jumlah yang akan diterima pada saat aktiva itu dijual atau ditarik dari penggunaannya.

b.      Estimasi Umur Pelayanan atau Jasa
      Aktiva ditarik dari penggunaannya karena dua alasan yaitu faktor-faktor fisik dan faktor-faktor ekonomi. Faktor-faktor fisik adalah keausan, dekomposisi dan kerusakan yang membuat aktiva tersebut sulit untuk bekerja tanpa batas. Faktor-faktor ekonomi atau fungsional adalah ketidak layakan, penggantian dan keusangan.



2.     Metode Penyusutan

a.      Metode Aktivitas (Activity method)
      Metode ini disebut juga pendekatan beban variabel atau pendekatan unit produksi, mengasumsikan bahwa penysutan adalah fungsi dari penggunaan atau produktivitas dan bukan dari berlalunya waktu. Umur aktiva ini dinyatakan dalam istilah keluaran yang disediakan (unit-unit yang diproduksi) atau masukan seperti jumlah jam kerja.

Beban penyusutan =
(Biaya - Nilai sisa) x Jam tahun ini
Total estimasi jam
     


b.      Metode Garis Lurus (Straight-line method)
      Metode ini mempertimbangkan penyusutan sebagi fungsi dari waktu, bukan dari penggunaan      
Beban penyusutan =
Biaya - Nilai sisa
Estimasi umur pelayanan
     



c.       Metode Beban Menurun (Decreasing charge method)
      Metode ini menyediakan biaya penyusutan yang lebih tinggi pada tahun-tahun awal dan beeban yang lebih rendah pada periode mendatang. Metode ini disebut juga metode penyusutan dipercepat (Accelerated depreciation method) karena metode ini membolehkan pembebanan yang lebih tinggi pada tahun-tahun awal dibandingkan dengan metode garis lurus.

Secara umum metode beban menurun  dibagi menjadi :
-          Metode jumlah angka tahun (Sum of the years digits method)
      Metode ini menghasilakan beban penyusutan yang menurun berdasarkan pecahan yang menurun dari biaya yang dapat disusutkan (biaya awal dikurangi niali sisa). Setiap pecahan menggunakan jumlah angka tahun sebagai penyebut dan jumlah tahun estimasi umur yang tersisa pada awal tahun sebagai pembilang.

      Rumus untuk menghitung jumlah angka tahun :
      (n : estimasi masa manfaat aktiva)

n (n+1)
2
     


-          Metode saldo menurun (Declining balance method)
      Metode ini menggunakan tariff penyusutan (diekspresikan sebagi persentase) berupa beberapa kelipatan dari metode garis lurus. Dalam metode ini nilai sisa tidak dikurangkan dalam menghitung tarif dasar penyusutan. Ada perusahaan yang menggunakan berbagai kelipatan dalam praktek seperti dua kali tarif garis lurus atau yang disebut metode saldo menurun berganda (Double declining balance method)

d.      Metode Penyusutan Khusus
-          Metode kelompok dan gabungan
      Metode kelompok (group method) sering digunakan apabila aktiva bersangkutan cukup homogen dan memiliki masa manfaat yang hampir sama. Pendekatan gabungan (composite approach) digunakan apabila kativa bersifat heterogen dan memiliki umur manfaat yang berbeda. Perusahaan menentukan tarif penyusutan gabungan dengan membagi penyusutan per tahun dengan total biaya aktiva.waktu yang diperlukan oleh perusahaan untuk menyusutkan aktivanya menurut metode komposit disebut sebagai umur komposit. (composite life).

-          Metode campuran atau kombinasi
            Metode penyusutan campuran digunakan secara luas pada sebuah industri (misalnya industri baja) yang merupakan kombinasi dari pendekatan garis lurus / aktivitas dan sering disebut metode produksi variabel (production variable method).


Bersambung... (download lengkap)

ads

Ditulis Oleh : bangajik Hari: 07.28 Kategori:

0 komentar:

Posting Komentar